Posted in Cerita Sehari-hari

Salak, Buah Bersisik yang Indonesia Banget

Salak merupakan buah yang cukup familiar bagi masyarakat Indonesia terutama masyarakat Jawa dan Sumatera. Buah ini terkenal dengan rasanya yang manis dan kulit buahnya yang bersisik. Jenis buah salak juga bermacam-macam., ada salak pondoh, pondoh lumut, salak condet, salak sidempuan, salak bali, dll. Jujur, saya memang paling malas untuk makan salak karena ribet. Apalagi jika sudah berurusan dengan kulitnya yang kasar. Jempol dan jari telunjuk saya bisa terluka gara-gara mengupas salak. Meskipun jika makan salak itu harus mau ribet dan ‘rekasa’, tenyata buah unik ini memiliki banyak khasiat.

Khasiat pertama yaitu sebagai obat mencret. Buah salak mengandung tannin, saponin dan flavonida yang bisa menyembuhkan diare (mengeraskan feses). jika diare konsumsilah salak muda yang segar sebanyak kurang lebih dua puluh gram daging buah. Untuk anda penggemar salak, waspadalah dalam mengkonsumsinya. Jangan berlebihan karena bisa menyebabkan sembelit. Agar tidak terjadi sembelit sebaiknya mengkonsumsi buah salak bersamaan dengan kulit ari yang menempel di daging buah, karena kulit justru kulit ari ini yang mengandung banyak serat.

Sebagai obat mata. Selama ini kita mengenal wortel sebagai buah yang menyehatkan mata. Tak disangka bukan jika buah unik bersisik ini bisa menjadi pengganti wortel untuk menjaga kesehatan mata kita?  Penelitian oleh Nurfi Afriansyah, MSc dari Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen Kesehatan RI menyebutkan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram salak lebih banyak 5,5 kali dari buah mangga, 3 kali dari buah jambu biji dan 5 kali dari buah semangka merah. Betakaroten adalah salah satu zat anti oksidan yang banyak terdapat dalam sayuran wortel, yang notabene sangat berkhasiat untuk kesehatan mata. Nah , biasanya buah salak dikonsumsi dengan cara dibuat jus buah salak.

Ternyata selama ini saya terlalu menganggap sepele buah bersisik ini. Tahun depan, jika kebun salak saya panen lagi, saya ingin mencoba membuat jus buah salak, mungkin bisa di kombinasikan dengan buah mangga, sirsak atau apel😀

Semoga bermanfaat😀

Penulis:

Sedang mencari kamu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s