Posted in Kesehatan

Menjaga Kulit Agar Tetap Cantik dan Sehat

Memiliki kulit yang cantik dan sehat pastilah menjadi impian semua wanita. Kulit yang cantik dan sehat mencerminkan jika kita mempunyai perhatian lebih dengan kesehatan tubuh kita. Namun, karena banyaknya radikal bebas dan faktor-faktor lain yang bisa merusak kulit, diperlukan komitmen yang kuat untuk menjaga kulit agar tetap cantik dan sehat. Berikut adalah cara-cara menjaga kesehatan kulit kita.

1. Perhatikan air yang anda gunakan

Seperti Anda ketahui, kualitas air yang kita miliki tidak sama. Ada yang bagus, bebas masalah, bebas bau, bebas kotoran. Namun, ada sebagian dari kita yang mengambil air tanah langsung, sehingga tak bisa diperkirakan kebersihannya. Kualitas air bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Karenanya, perhatikanlah air yang Anda gunakan untuk wajah.

2. Banyak minum teh hijau

Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) pada wajah memiliki kemampuan untuk untuk meredakan radang yang menenangkan kulit. Menurut Andrea Cambio, ahli dermatologi di Cape Coral, Florida, menyarankan untuk mencoba minuman teh hijau dingin, karena minuman panas bisa memperparah kemerahan pada kulit dan gejala rosacea. Kandungan yang disebutkan di atas tadi juga bisa mencegah perusakan kolagen yang bisa mengarah ke pembentukan kerutan seperti kulit yang rusak akibat sinar matahari.

3. Mengelola stress

Stres meningkatkan produksi hormon kortisol pada tubuh yang juga bertanggungjawab atas kulit berminyak, dan mengurangi kemampuan kulit untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Alhasil, ketika stres, beberapa orang cenderung untuk berjerawat. Latihlah kemampuan diri untuk mengelola stres, misalnya dengan latihan yoga, pernapasan, atau meditasi. Hal ini akan membantu masalah kulit seperti jerawat, psoriasis, rosacea, dan seborrhea.

4. Udara yang berkualitas

Asap rokok bisa menyebabkan radikal bebas yang merusak kulit dan mempercepat penuaan kulit. Ada baiknya untuk menghindari udara yang memiliki polusi tersebut. Selain itu, polutan lain pun bisa mempengaruhi kualitas kesehatan kulit Anda. Anda bisa mengganti penyaring udara, membersihkan kipas angin atau AC, dan menggunakan kipas pengisap udara saat memasak.

5. Awasi asupan susu (khusus bagi anda yang memiliki jerawat)

Riset dari Harvard School of Public Health mengatakan, remaja putri yang mengonsumsi susu, hampir 30 persennya memiliki jerawat ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi susu. Para ahli mensinyalir hal yang sama juga akan berlaku bagi mereka yang sudah dewasa. Namun, yang hingga saat ini masih belum dimengerti oleh para peneliti adalah mengapa susu skim justru lebih besar kemungkinan menyebabkan jerawat ketimbang whole milk. Diperkirakan, hal ini karena adanya suatu zat yang ada di dalam susu. Jika Anda berencana untuk mengurangi asupan susu, pastikan Anda memiliki sumber kalsium lain dari makanan lain, misalnya dari sayuran hijau, atau suplemen.

6. Perhatikan pembersih wajah

Jika Anda memiliki kulit kering, pembersih wajah yang bisa Anda pilih lebih penting ketimbang pelembap yang Anda gunakan. Pembersih wajah non-sabun lebih ideal karena bisa menggantikan lapisan pelembap pada wajah. Anggaplah hal ini semacam langkah pencegahan. Anda bisa menggunakan pembersih wajah tersebut untuk menghindari kulit kering, eksim, dan psoriasis. Mengaplikasikan pelembap setelah membersihkan wajah adalah langkah yang cerdas. Jika Anda menggunakan obat jerawat, tunggulah 10 menit setelah Anda membersihkan wajah baru dioleskan untuk meminimalisasi iritasi.

7. Tidur lelap

Saat Anda terlelap, kulit memperbaiki dirinya. Sementara ketika Anda kekurangan tidur, tubuh pun akan mengalami stres, menyebabkan tubuh mengeluarkan adrenalin dan kortisol, yang memicu jerawat dan masalah kulit lainnya. Upayakan untuk bisa beristirahat selama 7-8 jam per hari agar kulit Anda tetap sehat.

Penulis:

Sedang mencari kamu

4 thoughts on “Menjaga Kulit Agar Tetap Cantik dan Sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s