Posted in Curhat Tentang Film

Film-Film yang Bisa Menumbuhkan Motivasi

Menonton film sepertinya sudah menjadi kegiatan wajib saya setiap minggu. Yap, dikala rasa bosan, pusing karena banyaknya tugas kuliah, menonton film merupakan kegiatan yang sangat membantu saya untuk melepas segala kepenatan di kepala. Kadang, kalau sudah mulai kangen rumah saya juga menyempatkan nonton film, entah itu lewat laptop atau nonton langsung di bioskop. Saya suka semua genre film, jadi asal resensi/synopsis film tersebut menarik saya pasti langsung menontonnya.

Ada beberapa film yang pernah saya tonton dan menurut saya  film-film ini memberikan kesan yang mendalam setelah saya menontonnya.  Film-film itu adalah :1. Forest Gump (1994)

Menempatkan Tom Hanks sebagai tokoh utamanya.  Film ini pertama kali dirilis pada tahun 1994 (jadul banget). Bercerita tentang anak ber-IQ rendah bernama Forest Gump. Karena kecerdasannya yang di bawah rata-rata, Forrest sering diejek kawan-kawannya. Namun segala keterbatasannya membawanya ke dalam peristiwa-peristiwa yang unik. Forrest juga berjuang untuk mendapatkan wanita impiannya, Jenny dengan berlari mengelilingi Amerika Serikat selama tiga setengah tahun dan menjadi terkenal.

2. Goodwill Hunting (2001)

Dibintangi oleh actor ganteng Matt Damon dan Robin William. Film ini mengambil latar belakang dunia pendidikan yaitu kampus Harvard University. Matt Damon berperan sebagai Will Hunting seorang OB yang bekerja di kampus Harvard. Suatu hari Will berhasil memecahkan teorema matematika yang diberikan oleh Profesor Gerald Lambeau. Kecerdasan Will membuat sang professor kagum kepadanya. Profesor Lambeau pun akhirnya mencoba mengarahkan Will agar kecerdasannya bisa memberi manfaat bagi Will yang selama ini tinggal di jalanan.

3. The Pursuit of Happiness (2006)

Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang ayah bernama Christ Gardner (diperankan oleh Will Smith) yang berjuang keras menghidupi anak dan istrinya di tengah kerasnya kehidupan kota New York. Beberapa masalah kerap menghadapi ayah dari satu anak ini, mulai dari pekerjaannya yang tak kunjung mendapat promosi, hidup mereka yang pas-pasan dan istrinya yang pergi meninggalkannya karena tak sanggup lagi hidup dalam himpitan kemiskinan. Ayah dan anak ini pun pernah mengalami dinginnya trotoar jalan sebagai alas tidur (menjadi tuna wisma). Namun karena usaha keras dari Chris Gadner akhirnya ia mendapat pekerjaan sebagai pialang saham dan mendirikan perusahaan pialang saham sendiri.  Kegigihan Will Smith untuk membahagiakan keluarganya memang patut dijadikan contoh agar kita jangan mudah putus asa dengan segala keterbatasan yang ada.

4. The Notebook (2004)

Ini adalah film romantic yang saya proklamirkan sebagai film romantic favorit saya sepanjang tahun. Yap, film yang menunjukan the powerful of love ini di bintangi oleh Ryan Gosgling dan Rachel Mc. Adams.   Allie Hamilton (Rachel Mc. Adams) adalah seorang gadis kaya raya yang mencintai Noah Calhoun (Ryan Gosgling) yang berasal dari kalangan rakyat biasa. Keduanya jatuh cinta namun ditentang oleh orang tua Allie yang merupakan pengusaha kaya. Alasannya mereka tidak sederajat dengan Noah. Sampai akhirnya Allie pindah ke kota dan meninggalkan Noah. Jodoh memang tetap jodoh ya, akhirnya Noah dan Allie dipertemukan kembali setelah lama berpisah. Keduanya jatuh cinta lagi dan akhirnya hidup bahagia. Noah selalu berada di samping Allie setiap waktu, bahkan saat Allie divonis menderita Alzheimer yang membuat ia lupa siapa dirinya, dan tidak mengenal keluarganya termasuk suami tercintanya, Noah.

5. The Ron Clarck’s Story (2006)

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang guru bernama Ron Clark (diperankan oleh Mathew Perry) yang mendapat panggilan hati untuk mengajar sebuah sekolah dasar Harleem di kota New York. Ron Clarck mengajar di sebuah kelas yang terkenal dengan kebadungannya karena sebagian besar siswanya adalah anak-anak kulit hitam yang miskin. Mereka sangat susah diatur, malas untuk belajar dan sangat meremehkan guru mereka. Namun kegigihan Ron Clark untuk membuat mereka sadar akan pentingnya pendidikan membuahkan hasil. Ron Clark akhirnya bisa membawa siswanya lulus Ujian Negara bahkan dengan predikat nilai terbaik

Ron Clarck sendiri dinobatkan sebagai guru teladan pada tahun 2000 dan fotonya sempat nangkring di sampul majalah oprah. Ia juga menulis tentang sebuah buku pendidikan. Benar-benar guru yang patut diacungi jempol (jadi ingat pak Guru jaman SD)

6. The Blind Side (2009)

Film ini juga diangkat dari kisah nyata. Bercerita tentang anak muda bernama Michael Oher (Quinton Aaron) yang tumbuh di kawasan “Hurt Village” sebuah tempat tinggal bagi orang-orang berkulit hitam. Oher ditelantarkan oleh kedua orang tuanya yang tidak bertanggung jawab sampai akhirnya di asuh oleh keluarga Tuohy. Oher disekolahkan di sebuah sekolah Kristen dan disitulah awal bakatnya diketahui yaitu bermain futbol. Sampai akhirnya berkat latihan yang keras, dukungan yang diberikan keluarga angkatnya ia berhasil menjadi atlet futbol yang terkenal.

7. A Beautiful Mind (2001)

Bercerita tentang seorang matematikawan bernama John Nash (Russel Crowe) . ia merupakan seorang yang jenius dan apatis. Ia kuliah di universitas Pricenton. Namun ia membenci bangku kuliah dan suka membolos. Menurutnya kuliah adalah pekerjaan yang membosankan dan membuatnya otaknya tumpul. Ia akhirnya memilih untuk belajar sendiri dan berhasil bekerja di tempat bergengsi, lab MIT.

Hidupnya berubah saat ia divonis menderita penyakit Skizofernia (tidak bisa membedakan kenyataan dan halusinasi). sampai akhirnya ia ditugaskan untuk memecahkans ebuah kode yang membawanya ke dalam sebuah pekerjaan menegangkan, menjadi seorang mata-mata. Selama bekerja menjadi mata-mata Nash semakin terpuruk ke dalam dunianya. Beruntungnya ia mempunyai seorang istri yang sabar yang bisa mengantarkannya meraih nobel.

8. Ghost of Girlfriend’s Past (2009)

Film ini merupakan genre film komedi romantic. Bercerita tentang Connor Mead (Matthew McConaughey) seorang fotografer terkenal yang hidupnya bergelimang harta dan wanita. Connor juga tak mempercayai cinta dan pernikahan. Baginya itu adalah hal konyol.

Suatu hari Connor didatangi oleh paman Wayne, pamannya yang sudah meninggal. Paman Wayne tak ingin Connor mengalami nasib yang sama dengan dirinya sehingga ia memanggil 3 hantu wanita yang sempat menjadi kekasih Connor.Hantu-hantu tersebut membawa Connor flashback ke masa lalunya saat ia dengan sesuka hati menggoda wanita hanya untuk memuaskan nafsunya.  Film ini benar-benar kocak, tapi hati-hati diawal-awal film ini banyak menampilkan adegan ranjang (tidak dianjurkan untuk pembaca yang masih unyu-unyu :P). Film ini seolah-olah memberi peringatan untuk para playboy agar tidak semena-mena mempermainkan hati wanita.

Dari Asia :

  1. 3 idiots (2009)
  2. One Litre of Tears (2005)
  3. Miracle of Giving Fool (2008)
  4. Laskar Pelangi (2008)
  5. Hello Ghost (2010)
  6. Alangkah Lucunya (Negeri Ini) (2010)
  7. The Kite Runner (2007)
  8. Emak Ingin Naik Haji (2009)

Itulah beberapa film yang menjadi favorit saya. Maaf jika dalam mereview-nya kurang lengkap soalnya sudah lupa karena ditonton bertahun-tahun yang lalu🙂 (terpaksa minta bantuan mbah google hehe). Yah, walaupun jadul namun film-film tersebut benar-benar menarik untuk ditonton ulang karena sarat nasehat dan motivasi. Silahkan bagi teman-teman blogger yang mau share film favoritnya🙂

Selamat malam, semoga bermanfaat🙂

Salam

Penulis:

Sedang mencari kamu

9 thoughts on “Film-Film yang Bisa Menumbuhkan Motivasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s