Posted in Kesehatan

Begadang Jangan Begadang!

Begadang mungkin menjadi kegiatan yang popular di kalangan anak muda. Khususnya bagi mahasiswa, kadang karena tugas kuliah yang menumpuk memaksa kita untuk bercumbu dengan file-file tugas yang masya Alloh bikin pusing. Sebenarnya begadang bukanlah hal yang baik untuk dilakukan karena memberikan efek negative pada kesehatan tubuh kita.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para dokter di National Taiwan Hospital, kebiasaan begadang bisa mengakibatkan penyakit hati atau liver.Selain itu begadang juga bisa menurunkan system imun, tekanan darah yang tidak stabil dan kegemukan.

Menurut penelitian, orang-orang yang kurang tidur kadar gula darahnya akan terganggu sehingga membuat tubuh memproduksi sedikit leptin (hormon pengendali nafsu makan), dan sebaliknya akan menambah pembentukan gherlin (kebalikan dari leptin). Akibatnya tubuh menjadi gampang lapar meskipun sebelumnya kita sudah makan dalam porsi banyak.

Faktanya, organ tubuh kita mempunyai shift atau pembagian jam kerja yang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Mari kita perhatikan shift kerja dari organ tubuh kita,

1. Pukul 21.00 – 23.00

Adalah waktunya tubuh membuang zat-zat sisa atau zat beracun (detox) yang dilakukan oleh kelenjar getah bening. Waktu-waktu seperti ini sebaiknya dilalui dengan suasana yang tenang, seperti mendengarkan music, berbaring, atau bahkan tidur.

2. Pukul 23.00-01.00

Adalah waktunya hati membuang racun yang ada di tubuh. Saat seperti ini kita harus dalam keadaan tidur pulas untuk memaksimalkan kerja hati.

3. Pukul 01.00-03.00

Waktunya detoksifikasi (pembersihan racun) di bagian empedu. Proses ini juga akan berlangsung maksimal jika kita dalam keadaan tidur.

4. Pukul 03.00-05.00

Proses detoksifikasi di bagian paru-paru

5. Pukul 05.00-07.00

Detoksifikasi di bagian usus besar. Saatnya kita untuk melakukan eliminasi (BAB dan BAK)

6. Pukul 07.00-09.00

Terjadi penyerapan makanan di usus kecil. Sangat dianjurkan bagi kita untuk makan pagi. untuk lebih baiknya kita makan pagi sebelum pukul 07.30 karena waktu itulah yang tepat untuk penyerapan makanan. Bagi yang suka menghilangkan jadwal makan pagi, sebaiknya gaya hidup seperti ini segera dirubah. Lebih baik makan pagi terlambat daripada tidak makan sama sekali. Terutama bagi anak kos yang suka merapel sarapan dan makan siang, jadi jadwal sarapan dan makan siang digabung tepat pukul 11.00 baru makan😀 (pengalaman hihi). Saya kapok melakukan jadwal sesat ini, niatnya mau ‘ngirit’ malah ngorot, langsung terkena maag😦

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang bisa mengacaukan jam kerja organ tubuh kita. oleh karena itu lebih baik kita tidur awal dan bangun lebih pagi. Jangan terlalu kecanduan dengan yang namanya begadang, walaupun rasanya nikmat *loh tapi kurang baik bagi kesehatan tubuh kita tercinta. Mari mendukung kelangsungan hidup organ kita, semakin sehat organ tubuh kita, semakin lama kita bisa menghirup segarnya udara kehidupan.

Unyunya Pachara Chirathivat saat tidur :)

Selamat malam,

Semoga bemanfaat🙂

Sumber : dikutip.com

Penulis:

Sedang mencari kamu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s