Posted in Cerita Sehari-hari

Spread The Book for Indonesia!

satu juta buku

Semenjak pulang dari kegiatan YERT 2012 saya banyak merenung nih, apa ya kegiatan yang akan saya lakukan untuk follow up dari acara tersebut?

Saya banyak terinspirasi dari cerita teman-teman dengan kegiatan sosial mereka. Ada mas Demas yang begitu concern dengan pengembangan local culture yang ada di daerahnya. Di usia mudanya beliau merintis berdirinya rumah cendekia, sejenis bimbingan belajar untuk anak sekolah. Dari websitenya saya juga tahu kalau mas Demas begitu bangga dengan kesenian Banyumas, termasuk kuda lumping dan gamelannya.

Saya ingin melakukan sesuatu dari hal yang sederhana terlebih dahulu, ya sederhana yang mengena. Saya merenung dan akhirnya mendapat ide. Sebenernya saya terinspirasi dari film Hollywood “Pay it Forward” udah nonton kan? Film ini begitu menginspirasi saya dimana seorang anak kecil berusaha melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang. Akhirnya dia menemukan konsep pay it forward ini.

Oke langsung aja ya saya jelaskan teknisnya. Kegiatan ini saya namakan SPREAD THE BOOK. Kenapa nama ini yang saya pilih? Ya saya percaya melalui buku, Indonesia bisa berubah. Pepatah bilang buku adalah sumber ilmu, jendela dunia dan pendidik yang baik. dari buku banyak ilmu pengetahuan yang kita peroleh. Nah, spread the book ini diharapkan bisa mensosialisasikan kepada masyarakat untuk memiliki semangat membaca. Yup, dimulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai para lansia. Membaca buku harus dijadikan kebiasaan. Liat aja bangsa Jepang, mereka kemana-mana membawa dan membaca buku. Di trem, di pusat perbelanjaan, di halte semua asik membaca. Ya daripada bengong terus gadgetan melulu, lebih baik buka buku dan membaca😀

Teknis spread the book gampang loh. Kita tinggal sisihkan uang kita untuk membeli buku. Satu bulan bisa satu buku untuk latihan. Buku ini kita berikan kepada orang lain, bisa ke teman, saudara, keluarga, atau pacar. Nah mereka yang menerima buku harus melakukan hal yang sama, memberi buku ke orang lain yang berbeda. Begitu seterusnya. Kegiatan memberi buku ini bisa dijadikan alternative hadiah ulang tahun loh hehehe *pengalaman, doorprize atau hadiah event-event khusus lainnya. Bulan ini saya mulai dengan memberikannya untuk kado ultah saudara saya. Daaan saya ingin dari sistem ini kebiasaan membaca masyarakat Indonesia bisa meningkat. Sederhana kan? mungkin banyak yang mencibir dan nggak yakin kegiatan ini bisa terlaksana. But it’s about change the habit, yep, ganti kebiasaan lama dengan kebiasaan baru yang lebih baik.

Yuk ikutan Spread The Book😀

“When you sell a man a book you don’t sell him just 12 ounces of paper and ink and glue – you sell him a whole new life.”  – Christopher Morley

“No matter how busy you may think you are, you must find time for reading, or surrender yourself to self-chosen ignorance.”  – Confucius

“The more you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you’ll go.” – Dr. Seuss, “I Can Read With My Eyes Shut!”

“I find television very educating. Every time somebody turns on the set, I go into the other room and read a book.”  – Groucho Marx

“Not all readers are leaders, but all leaders are readers.”  – Harry S. Truman

“Today a reader, tomorrow a leader.”  – Margaret Fuller

“There are many little ways to enlarge your child’s world. Love of books is the best of all.” – Jacqueline Kennedy

“A book is the most effective weapon against intolerance and ignorance.”  – Lyndon Baines Johnson

“There is no substitute for books in the life of a child.” – May Ellen Chase

“Students who do not develop reading fluency, regardless of how bright they are, are likely to remain poor readers throughout their lives.”  – National Reading Panel, 2000

Penulis:

Sedang mencari kamu

One thought on “Spread The Book for Indonesia!

Tinggalkan Balasan

