Posted in Cerita Sehari-hari

Muhasabah Hari Ini

Alhamdulillah, ramadhan sudah memasuki hari ke 4. Sampai hari ini alhamdulillah puasa saya belum ada yang bolong juga hehe. Tadi sore kebetulan nggak hujan (sejak puasa hari pertama setiap sore menjelang buka puasa hujan terus) jadi saya memutuskan untuk JJS beli beberapa takjil dan belanja keperluan sehari-hari (disuruh ibu juga sih :)). Di perempatan Wangon, depan masjid Baitul Makmur berderet aneka jenis makanan, mulai dari kolak, es dawet, es buah, molen, ayam KFC kw, martabak, dan masih banyak lagi. Rasanya senang melihat kota kecil ini lebih hidup daripada sore-sore di hari biasa.

Saya pun membeli molen dan pesanan ibu di minimarket terdekat. sebenarnya pengin beli ini dan itu, tapi nyadar selama liburan nggak ada asupan dana jadi nggak bisa sok-sokan beli sesuka hati hehe.

Sepulang JJS, iseng saya ngintip ke dapur. di meja makan sudah terhidang sayur asem, kolak pisang, ikan balado, oseng-oseng tempe, telur asin dan sambal terasi. Rasanya pengen cepet-cepet buka puasa deh :p

Sambil mengamati hidangan di meja makan, saya mikir, saudara-saudara saya sesama muslim di Mesir buka puasa pakai apa ya? di Rohingya? di Palestina? bahkan mereka melakukan ibadah puasa dalam suasana konflik, perang, atau gejolak politik.Berita yang saya dengar di Mesir, bahkan ada beberapa penduduk Mesir yang diberondong peluru usai shalat subuh gara-gara mereka adalah pendukung Presiden Mesir yang sudah dikudeta. Apalagi saudara-saudara di Gaza,  di Rohingya? Berita tentang mereka sudah sering mondar-mandir di portal berita online.

Miris saya mendengarnya. Bukankah kita sama-sama saudara seiman? kadang saya berfikir, apa yang sudah saya lakukan untuk mereka?

nothing.

Saat ini, di bulan yang penuh berkah ini saya hanya bisa berdoa untuk keselamatan saudara sesama muslim di Mesir, Palestine, dan Rohingya. Untuk semua muslim di seluruh dunia, semoga Allah swt memudahkan segala kesulitan kita.

Ya, kita bisa melakukan satu hal kecil yang tidak bisa dianggap biasa saja. karena kita tak pernah tahu seberapa besar kekuatan doa itu akan bekerja.

selamat menjalankan ibadah puasa

Penulis:

Sedang mencari kamu

One thought on “Muhasabah Hari Ini

Tinggalkan Balasan

