Posted in Cooking

Kriuk..Kriuk..Renyahnya French Friesku :D

Kali ini saya ingin berbagi tentang resep makanan. Bukan, bukan resep ala ala masakan Farah Quinn itu. Berhubung saya ini tipe cewek yang lebih suka makan daripada masak, jadi saya memilih untuk membuat FRENCH FRIES! (boleh ketawa deh haha).

Tapi beneran, ini adalah sebuah kemajuan, dimana jika waktu luang (baca: hari libur) saya hanya demen nongkrong di depan lepi, atau baca novel, kali ini saya ingin coba-coba memasak. Bisa dibilang bikin kentang goreng itu gampang banget, anak SD saja bisa. Tapi nggak apa-apa lah, daripada nggak sama sekali.

Kenapa saya milih kentang goreng? Umm…karena saat menemani ibu belanja di pasar, tiba-tiba aja ada setumpuk kentang yang begitu menggoda (padahal kentangnya masih mentah loh, bulet-bulet cokelat gitu, tapi entah kenapa bagi saya kentangnya sungguh sangat menggoda). Akhirnya saya bilang ke ibu, “Bu, kentang dong,” kata saya dengan nada mirip anak SD minta dibeliin es krim Walls.

“Berapa?” Tanya ibu.

“Nggak usah banyak-banyak setengah kilo aja,”

Jadi deh, hari ini saya jadi koki di dapur hahaha (ketawa senang).

Okay, setelah browsing tentang cara membuat French fries, akhirnya saya mulai juga mempersiapkan bahan-bahannya. Oia pertama-tama saya dandan dulu ala Farah Quinn. Pakai baju sekseh gitu (haha becanda, saya masih setia sama baju tidur yang masih nempel di badan).

Alat dan Bahan

Alat: kompor gas merek Cosmos (merk bisa disesuaikan sesuai berdasarkan ketersediaan), wajan, soled (bahasa indonesianya apa ya? Lupa), baskom, mangkok, panci, dan lap

Bahan: Kentang setengah kilo, garam, tepung terigu, air bersih

Prosedur:

1. Siapkan handphone untuk mengabadikan proses langka ini (seriusan, saya awalnya pengin pake pidio gitu tapi karena sendirian di rumah jadi batal deh. Masa iya saya minta pidioin sama cicak? -_-)

2. Kupas kentang

3. Masukan kentang yang sudah di kupas ke dalam baskom berisi air bersih

4. Tiriskan kentang

5. Potong kentang dengan bentuk panjang-panjang (pokoknya mirip French fries yang dijual di keefsi gitu deh)

6. Rebus potongan kentang ke dalam air selama satu menit. Di bagian ini saya melakukan sesuatu yang konyol. Saya terlalu lama merebusnya, kira-kira 5 menitan. Dan apakah yang terjadi? Kentangnya lembek bro. Saya sempet mikir, apa dibikin mashed potato aja ya? Aah, tapi kan saya pengin kentang goreng. Sampai akhirnya saya tiriskan kentang dan tara! Ternyata kentangnya nggak rusak meskipun saya penyet-penyet

20140220_095107ya ampyun, lap kumalnya ikutan ke-captured -_-

7. Oke, ingat di step 6 tadi. Jangan terlalu lama merebus kentangya! Setelah kentang ditiriskan, masukan kentang ke dalam tepung terigu yang sudah dicampur garam. Aduk-aduk kentangnya sampai berbalut terigu.

20140220_100350balut kentangnya sampai putih😀

8. Nah setelah kentang berubah jadi putri salju, masukan kentang ke dalam pendingin. Biarkan kurang lebih dua jam

20140220_100929wah ada si tempe ngintip hihihi

9. Selama dua jam bisa diisi dengan hal-hal bermanfaat lain (misalnya nih kalau saya isi dengan mandi pagi, guling-guling di kasur haha *ini nggak produktif banget*)

10. Setelah dua jam, keluarkan kentang dari pendingin.

11. Panaskan minyak dan masukan kentang ke dalam wajan. Oh iya pastikan minyaknya panas ya soalnya biar rasanya lebih nikmat.

12. Hidangkan dengan saus sambal. Btw, persediaan saus sambal saya habis jadi minus saus sambal deh hehe. Happy eating! ^^

20140220_120837Taraaa! rencananya saya mau selfie sama french fries, tapi enggak jadi ah, takut kecantikan saya tersebar kemana-mana :p btw, itu buku Milana-nya Benz Bara kenapa tiba-tiba nongol?😀

Penulis:

Sedang mencari kamu

2 thoughts on “Kriuk..Kriuk..Renyahnya French Friesku :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s