Posted in Cerita Buku

[Review]: Sabtu Bersama Bapak by Adhitya Mulya

10808649_363792987131148_1873406145_n

Weekend ini saya habiskan dengan jalan-jalan ke Gramedia. Berhubung saya sedang suntuk berat plus sifat introvert lagi muncul jadinya saya memilih pergi ke toko buku sendiri. Istilah gaulnya ya me time gitu deh😀

Setelah muter-muter di gramed selama hampir 2 jam, saya memutuskan membeli buku Sabtu Bersama Bapak karangan Adhitya Mulya. Actually ini buku sudah saya incar sejak seminggu yang lalu, pas main ke Gramed di kampung halaman langsung jatuh cinta pada pandangan pertama #eaaa. Jujur, ini buku pertama dari mas Adhitya Mulya yang saya baca (Kalau bukunya Mba Ninit sih sudah banyak hehe #ceritanyapenggemarninityunita)

Oke, buku ini adalah buku tercepat yang saya baca dalam sekali waktu. Yups, cukup 3 jam buku ini selesai baca (sambil sesekali mainan games hehe). Dan buku ini sukses bikin saya nangis, terharu, ketawa, dan sebel. Ceritanya ada sebuah keluarga yang awalnya hidup bahagia namun tiba-tiba sang Ayah divonis dokter menderita kanker yang membuat dia hanya bisa bertahan hidup selama setahun, pria itu bernama Gunawan Garnida. Menyadari hidupnya tak lama lagi, pak Gunawan memiliki ide untuk membuat video yang berisi nasihat-nasihatnya demi mempersiapkan anak-anaknya tumbuh dengan baik meski dirinya telah tiada. Sepeninggal pak Gunawan, ibu Itje, istri dari pak Gunawan memutar video-video itu untuk kedua anak mereka, Satya dan Cakra setiap sabtu sore. Di sabtu sore itulah mereka bisa bercengkerama dengan bapak. Hal itu berlangsung sampai mereka dewasa karena memang pak Gunawan telah mempersiapkan video tersebut sampai kedua anaknya menikah. Video-video itu berisi banyak sekali nasihat mengenai bagaimana menjadi ayah, anak, istri, dan suami yang baik. Sampai akhirnya Satya dan Cakra menemukan jodohnya masing-masing, video-video dari bapak mereka tetap diputar dan dijadikan panutan untuk membangun rumah tangga.

Selain membuat saya mingsek-mingsek nangis bombay, buku ini juga bikin mupeng NIKAH! Hayoooo gawat nggak nih, kenapa ujung-ujungnya nikaaaah? Aaaak tolong deh.

Quote-quote keren yang ada di buku:

“Menikah itu banyak tanggung jawabnya. Rencanakan. Rencanakan untuk kalian. Rencanakan untuk anak-anak kalian.” p.21

“Jika ingin menilai seseorang, jangan nilai dari bagaimana dia berinteraksi dengan kita, karena bisa saja itu tertutup topeng. Tapi nilai dia dari bagaimana orang itu berinteraksi dengan orang-orang yang dia sayang.”

“Dia percaya bahwa manusia ditempatkan di dunia untuk membuat dunia ini lebih baik untuk sebagian orang lain. Jika pun seseorang sudah berguna bagi 1-2 orang. Orang itu sudah membuat dunia menjadi lebih baik,” p.30

Dan ini percakapan yang paling saya suka dari keseluruhan buku. Sekali baca ini saya merasa Wow! Adhitya Mulya is so genius!

Mereka berjalan pulang menuju area parkir dengan saling terdiam, terkadang dengan saling curi pandang.

“Mas, nanya dong,” Ayu memecah keheningan.

“Apa tuh?”                                     

“Mas, pernah bilang, bagi Mas, saya itu perhiasan dunia akhirat,”

“Iya,”

“Kenapa bisa bilang begitu?”

“Kamu pintar. That goes without question. Kamu cantik. Itu jelas,”

“Itu semua dunia,” potong Ayu.

“Dan karena pada waktunya, saya selalu lihat sepatu kamu di musala perempuan.”

Gimana? So touched kaaaaan?

Kan, kan kan saya jadi mewek lagi (ealahhh lebay banget deh).

Eniwei, ini buku rekomended banget loh buat para jomblo agar jangan putus asa mencari jodoh, plus jangan banyak gombal gambul. Jika nemu cewek yang baik, yang membuat susah tidur, susah makan karena kepikiran dia terus, sudah deh buruan lamar daripada nanti direbut orang :p, buat para ayah dan calon ayah disini banyak banget petuah yang keren banget, buat para ibu dan calon ibu, hayuk latihan masak!😀

Selamat membaca!

Penulis:

Sedang mencari kamu

Tinggalkan Balasan

