Posted in Cerita Sehari-hari

Cerita Praktik: Serunya bermain dan belajar bersama anak TK

Saya lagi pengin curhat. Ceritanya nih saya baru aja kelar praktik klinik stase keperawatan komprehensif. Jadi, ceritanya dari tanggal 9 Maret-18 April kemarin saya praktik keperawatan di komunitas sekolah yaitu di Taman Kanak-Kanak. Whaaat? Ngapain perawat di TK? Hihi, pasti pada bertanya-tanya yaa? (tsahh pede banget banyak yang tanya).

Oke, pertama saya cerita tentang kelompok dulu ya. Jadi, praktik kemarin saya tergabung dalam sebuah kelompok yang orang-orangnya asik gila! Satu kelompok ada sebelas orang (banyak ye!). dan semuanya cewek-cewek lagi! Duh, bener ya mahasiswa keperawatan emang didominasi oleh kaum hawa. Yuhuuu~

Kami mendapat amanah untuk melaksanakan tugas di TK Mekar Sari kecamatan Tembalang. Masih deket sih sama kosan ya, Alhamdulillah ya nggak usah cari-cari kosan baru lagi macam praktik klinik di luar kota. Jadwal praktik kita mengikuti jadwal belajar mengajar TK yaitu dari hari senin-sabtu dengan jam masuk yaitu jam 7. Wow! Keren nggak? Kita disini berasa jadi guru.

Awal kedatangan kami, anak-anak pada malu-malu kucing gitu. Ada juga sih beberapa yang hiperaktif, sok kenal sok dekat. Yah, namanya juga anak-anak. Hari pertama mengabdikan diri kita mendapat julukan: Mbak mbak Cherrybelle sama anak-anak. Soalnya kita cewek-cewek semua dan pakaian kita sama yaitu pakai rok item dan kerudung putih plus jaket almamater. Duh, jadi pengin konser kan?hehehe

Terus, ngapain sih perawat pakai praktik di TK segala? Jadi, tujuan kita praktik di komunitas sekolah yaitu untuk mengubah perilaku anak-anak yang kurang sehat menjadi berperilaku sehat. Selama kurang lebih 6 minggu kita mencari masalah apa sih yang ada di sekolah terkait kesehatan? Misalkan nih, pengetahuan anak tentang 7 langkah cuci tangan yang masih kurang, karies gigi, atau perilaku buang sampah sembarangan yang sering dilakukan anak-anak. Disitu kita berperan untuk memberikan pendidikan kesehatan yang bertujuan mengubah perilaku anak-anak. Agar mereka belajar PHBS yaitu perilaku hidup bersih dan sehat sedini mungkin.

Seru banget deh! Anak-anak itu nggak bikin bosen. Kelamaan praktik di TK, saya malah pengin jadi guru loh. Seru kayaknya tiap hari melihat anak-anak yang aktif dan kreatif. Suka ketawa juga melihat tingkah polah mereka yang polos dan jujur. Sampai saat ini saya suka kangen sama anak-anak yang sering manggil-manggil kalau saya baru sampai pintu gerbang. “Mbaa Destiiii,” teriak mereka. Tuh kan, saya jadi kangen sama krucil-krucil nan ngegemesin ini.

Terima kasih adik-adik, terima kasih ibu guru, terima kasih TK Mekar Sari untuk 6 minggu yang penuh warna. Semoga adik-adik disana tumbuh sehat dan pintar😀

IMG_20150325_093600mereka ngeliatin saya sampai segitunya ya. hihii

IMG_20150324_090639wayang Upin Ipin dkk untuk menumbuhkan minat sikat gigi

IMG_20150328_153046salah satu media untuk mengenalkan contoh buah dan sayur🙂 handmade loh kita buat sendiri dari tepung jadi inshaa Allah aman kalau nggak sengaja ketelen sama anak-anak

Penulis:

Sedang mencari kamu

3 thoughts on “Cerita Praktik: Serunya bermain dan belajar bersama anak TK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s