Posted in Cerita Sehari-hari

Curhat Colongan: Revisi kapan selesai?

IMG_20150430_150509[1]

bersama teman satu kosan paling ibu peri, Nunung Hidayati. After sempro.

Sudah lewat tiga minggu sejak saya maju untuk seminar proposal skripsi. Sampai saat ini saya masih tersudut di zona revisi dan belum juga beranjak ke zona selanjutnya, yaitu zona pengambilan data penelitian. Saya rasa lama sekali waktu yang saya perlukan untuk revisi. Saya akui ini salah saya, kurang bisa memanage waktu. Seminggu awal setelah seminar proposal, saya malah asyik menyelesaikan laporan akhir keperawatan komprehensif. Seminggu setelahnya saya mendapat teguran dari Allah untuk meluangkan waktu istirahat berupa sakit. Ya, waktu itu saya terkena flu hebat. Badan meriang dan saya hanya bisa tidur seharian. Jadilah revisi baru bisa saya pegang di akhir minggu kedua. Ternyata mengerjakan revisi cukup 2 hari saja. Saya pikir ke depannya urusan revisi ini cepat selesai, tinggal ketemu dosen, ada revisi, revisi lagi, acc, kelar.

Manusia memang berhak merencanakan, tapi tetap Allah lah sebaik-baik pemberi keputusan.

Sambil membawa hasil revisi saya menemui kedua dosen penguji. Ternyata hanya satu dosen penguji yang bisa ditemui. Itu pun hasil revisian baru bisa diambil 3 hari setelah pengumpulan. Akhirnya saya memutuskan untuk menemui dosen penguji kedua. Dan, tara! Ternyata untuk seminggu ke depan dosen penguji saya agak susah ditemui karena sedang ada tugas dari jurusan. Saya pun luntang-lantung menunggu revisian. Sebenarnya saya bisa tuh memanfaatkan akhir pekan untuk pulang kampung ke Purwokerto. Tapi setelah dipikir-pikir di pertengahan Mei nanti akan ada libur panjang lagi, jadilan saya menunda pulang sampai tanggal itu tiba. Maklum lah, biaya pulang kampung dari Semarang-Purwokerto tidak sedikit. Tiket PP bisa banget digunakan untuk membeli dress baru (duh dasar cewek! >,<)

Sampai detik ini saya masih berkutat dengan revisian skripsi. Agak miris sih, mengingat ini sudah masuk bulan Mei. Padahal saya menargetkan bulan Juli bisa wisuda, atau setidaknya di bulan Juli saya sudah yudisium, mendapatkan gelar S.Kep. dan ikut wisuda periode berikutnya di bulan Oktober. Sebagian teman-teman saya sudah ada yang melakukan penelitian, sebagian besar lainnya masih berkutat dengan jadwal seminar proposal. Saya jadi teringat dengan pesan karib saya yang kuliah di keperawatan Unsoed. Ia menulis seperti ini di what’s app: “Skripsi itu tak ada yang mudah. Setiap dari penelitian kita memiliki tantangannya sendiri-sendiri. Satu lagi, ingat ya, jangan pernah membandingkan penelitian kamu dengan penelitian temanmu. Tak akan sama, mereka punya jalannya sendiri-sendiri,”

Sepertinya saya harus kencangkan ikat pinggang. Tak boleh terlalu santai (tapi juga nggak boleh terlalu terforsir, bisa stres sendiri hehe) dalam menyusun skripsi ini. Seringkali ibu atau bapak mengirim sms menanyakan perkembangan skripsi. Saya hanya bisa menjawabnya dengan minta didoakan agar diberi kelancaran dan dimudahkan dalam menyelesaikan skripsi. Saya yakin sekali, proses skripsi saya sampai detik ini banyak dicampuri oleh doa-doa yang dipanjatkan orang tua. Mungkin usaha yang saya lakukan hanya dihitung beberapa persen, selebihnya doa bapak dan ibu yang menolongnya.

Begini ya rasanya menyusun skripsi. Nano-nano! Semoga saja penelitian saya lancar sampai sidang hasil. Semoga bisa wisuda di bulan Juli 2015. Semoga bisa lulus cumlaude. Semoga ibu dan bapak bisa tersenyum bangga di hari dinobatkannya saya menjadi wisudawati tersebut.

Inilah kata-kata sakti yang berpengaruh besar didalam saya ngetik-ngetik skripsi. Sebuah quote maha sakti dari imam besar Imam Syafi’i:

Berlelah-lelahlah, manisnya hidup akan terasa setelah lelah berjuang

Imam Syafi’i

Buat teman-teman yang sedang menyusun skripsi, tetap semangat ya!🙂

Penulis:

Sedang mencari kamu

Tinggalkan Balasan

