Diposkan pada Kesehatan

Karena Bu Risma

Astaghfirullah..ngeri banget 😦 ternyata pornografi bahayanya melebihi narkoba. Terima kasih untuk mbak Pipi yang sudah menjabarkan semuanya. Generasi penerus bangsa memang perlu dijaga moralnya.

Islam is Fun

Bismillahirrahmanirrahim..

Oke, sebetulnya kontributor sontoloyo ini belum ijin sama empunya blog buat ngisi. Cuman desakan lingkungan *caelah* udah sangat kuat. (1) teman sebaya yang ngojok-ngojokin buat nulis di laman ini lagi; (2) kasus di lapangan *emang mau nulis apaan sampe bawa kasus segala* yang udah menggila, ntar diceritain; (3) abis nonton Mata Najwa edisi Bu Risma sampe meleleh air mata, jadi pengen berjuang bareng semampu yang saya bisa; (4) kemaren kakak kelas ngeshare video dan kayaknya saya nemu benang baru (dari kasus yang ntar saya ceritain) dan penting buat saya tulis ulang supaya bisa saya runut benangnya biar ga kusut dikepala (kepentingan pribadi).

videonya ada disini :

Cukup sekian aja yang bikin saya bulet untuk nulis lagi disini. Dan sebenernya saya rada2 ragu tadi, mau nulis disini atau di blog pribadi, tapi karena nilai yang saya bawa bakal kental banget dengan prinsip hidup, saya pilih disini karena saya memposisikan diri…

Lihat pos aslinya 4.589 kata lagi

Iklan
Diposkan pada Kesehatan

Bagaimanakah Nasib Perawat Indonesia Saat Ini?

Tanggal 17 Oktober merupakan tanggal paling penting dan bersejarah bagi profesi perawat. Mengapa? Karena di tanggal inilah hidup mati perawat akan ditentukan. Pada tanggal 17 Oktober komisi IX DPR akan mengumumkan disahkan atau tidaknya RUU Keperawatan (Rancangan Undang-Undang Keperawatan). RUU keperawatan ini diharapkan bisa menjadi payung hukum yang legal bagi profesi yang amat mulia ini.

Selama ini perawat Indonesia bekerja tanpa standar hukum yang jelas. Perawat memang memiliki kode etik dan UU kesehatan sebagai landasan pekerjaan perawat. Namun kedua landasan tersebut dirasa belum cukup efektif untuk melindungi perawat. Pekerjaan perawat serba dilemmatis. Menurut UU kesehatan yang boleh melakukan tindakan medis adalah dokter, sedangkan perawat hanya memberikan asuhan keperawatan. Sedangkan jika melihat kenyataan yang ada di masyarakat Indonesia, sebagian besar perawat yang mengabdikan dirinya di pelosok negeri harus melakukan tindakan medis karena minimnya keberadaan dokter. Lanjutkan membaca “Bagaimanakah Nasib Perawat Indonesia Saat Ini?”

Diposkan pada Kesehatan

Hati-Hati : Jangan Minum Air Sambil Mengumpat!

Air merupakan benda yang sangat dibutuhkan di kehidupan kita. Setiap hari kita menghabiskan berliter-liter air. Bahkan untuk kebutuhan minum, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi satu liter air setiap harinya. Belum kebutuhan lainnya seperti mandi, mencuci, menyiram bunga, dan sebagainya. Lanjutkan membaca “Hati-Hati : Jangan Minum Air Sambil Mengumpat!”

Diposkan pada Kesehatan

Begadang Jangan Begadang!

Begadang mungkin menjadi kegiatan yang popular di kalangan anak muda. Khususnya bagi mahasiswa, kadang karena tugas kuliah yang menumpuk memaksa kita untuk bercumbu dengan file-file tugas yang masya Alloh bikin pusing. Sebenarnya begadang bukanlah hal yang baik untuk dilakukan karena memberikan efek negative pada kesehatan tubuh kita. Lanjutkan membaca “Begadang Jangan Begadang!”

Diposkan pada Girl Days Out, Kesehatan

(Jalan-Jalan) : Mengintip Sejuknya Rumah Sakit Wisata Holistik Purwakarta

Selasa, 28 Februari 2012 saya dan teman-teman satu angkatan baik dari jalur regular maupun ekstensi di program studi ilmu keperawatan Universitas Diponegoro Semarang mengadakan kunjungan ke sebuah rumah sakit holistic di Purwakarta, Jawa Barat.

Sebelum pemberangkatan kami melakukan upacara pelepasan yang dipimpin oleh Bapak Agus Santoso S.Kp., M.Kep di halaman depan perpustakaan Widya Puraya, kampus UNDIP Tembalang. Empat armada bus disediakan untuk membawa peserta tour. Tepat pukul 17.30 WIB rombongan berangkat meninggalkan kota Semarang menuju bumi parahyangan.

Setelah hampir dua belas jam perjalanan sampailah kita di sebuah penginapan di daerah Purwakarta, Jawa Barat. Setelah bersih-bersih dan sarapan semua rombongan berangkat ke rumah sakit holistic yang hanya berjarak kurang lebih 500 m dari penginapan.

Kesan pertama yang saya rasakan saat menginjakan kaki di pelataran rumah sakit wisata holistic adalah suasana alam yang sangat kental. Sungguh, saya tidak menyangka sedang berada dalam lingkungan rumah sakit. Karena berada di daerah yang jauh dari hiruk pikuk kota maka udara di sekitar rumah sakit holistic terasa bersih dan segar.

Selasar menuju lobi RS Holistik

Lanjutkan membaca “(Jalan-Jalan) : Mengintip Sejuknya Rumah Sakit Wisata Holistik Purwakarta”

Diposkan pada Kesehatan

Mie Instant, Si Cepat Saji yang Melenakan

Mie instan bukanlah makanan asing bagi kita masyarakat Indonesia. Apalagi seperti saya yang berstatus mahasiswa. Mengkonsumsi mie instan menjadi barang wajib jika uang sedang ‘seret’. Mie instant memiliki banyak penggemar karena rasanya yang enak dan harganya yang relative murah. Telah kita ketahui mie instant tersedia hampir di setiap toko, warung dan supermarket. Jika sedang belanja di supermarket atau pasar tradisional sering saya melihat ibu-ibu memborong mie instant hampir 20 bungkus lebih. Mungkin itu buat persediaan di rumah. Dijaman global seperti ini banyak ibu rumah tangga yang tak sempat masak untuk keluarga mereka hingga akhirnya segala yang bersifat praktis menjadi konsumsi sehari-hari. Lanjutkan membaca “Mie Instant, Si Cepat Saji yang Melenakan”

Diposkan pada Kesehatan

Ngemil Asyik, Badan Tetap Cantik

Ngemil. Siapa sih yang nggak suka aktivitas yang mengasyikan ini? sebagian besar dari kita, terutama kaum hawa pasti suka ngemil. Saya sendiri sangat menyukai kegiatan ini karena saya ini orangnya gampang lapar hehe 🙂

Kebiasaan ngemil sebenarnya sebuah kebiasaan yang kurang baik karena bisa menaikan berat badan. Setiap orang, khususnya wanita pasti selalu dilemma dengan yang namanya ngemil.  Satu sisi ngemil itu menyenangkan, tapi disisi lain ngemil bisa membawa petaka. Liat timbangan dan berat badan pun melonjak tajam 🙂 Aktivitas ngemil biasanya dilakukan di waktu pagi menjelang siang, siang hari setelah makan siang atau waktu malam hari menjelang tidur. Saya yang notabene suka begadang (entah itu karena tugas atau nonton film) punya stok makanan tersendiri. Makanan cemilan itu buat jaga-jaga jika perut saya keroncongan di tengah malam. Lanjutkan membaca “Ngemil Asyik, Badan Tetap Cantik”

Diposkan pada Kesehatan

Gadget Khusus Wanita, Perlukah?

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia mulai digemparkan lagi dengan aksi kekerasan seksual. Yang paling ‘gress’ adalah aksi pemerkosaan yang dilakukan di dalam angkot. Sarana transportasi umum sekarang menjadi lahan favorit para pelaku criminal untuk melakukan aksinya. Sering juga kita dengar kekerasan seksual yang terjadi di kereta api. Mulai dari aksi maaf, pegang ‘pantat’, paha, bahkan sampai memegang dada. Sungguh, ironis sekali terjadi pada masyarakat Indonesia yang katanya berbudaya. Lanjutkan membaca “Gadget Khusus Wanita, Perlukah?”

Diposkan pada Kesehatan

Menjaga Kulit Agar Tetap Cantik dan Sehat

Memiliki kulit yang cantik dan sehat pastilah menjadi impian semua wanita. Kulit yang cantik dan sehat mencerminkan jika kita mempunyai perhatian lebih dengan kesehatan tubuh kita. Namun, karena banyaknya radikal bebas dan faktor-faktor lain yang bisa merusak kulit, diperlukan komitmen yang kuat untuk menjaga kulit agar tetap cantik dan sehat. Berikut adalah cara-cara menjaga kesehatan kulit kita. Lanjutkan membaca “Menjaga Kulit Agar Tetap Cantik dan Sehat”